LUKISAN TERMAHAL DI DUNIA

LUKISAN TERMAHAL DIDUNIA

Lukisan adalah salah satu seni rupa yang diminati oleh banyak kalangan didunia. Lukisan pun berembang dari masa ke masa, tapi anehnya lukisan ini adalah salah satu seni yang mampu bertahan puluhan bahkan ratusan tahun lamanya dan tetap diminati oleh semua orang.
Sebagai contoh Lukisan Monalisa karya Leonardo Da Vinci sang pelukis legendaries yang telah menorehkan cat dengan kuasnya dan sampai sekarang Lukisan Monalisa buah tangannya tersebut masih monumental dan diminati oleh orang oaring diberbagai belahan di dinia.
Pada November 2006 lalu dunia lukis khususnya lukisan kontemporer telah mencatat rekor harga lukisan termahal di dunia (harga yang telah dibeli). Lukisan kontemporer yang memepunyai judul NO.5, 1948 karya seniman yang bernama Jackson Pollock dari Amerika Serikat terjual dengan harga USD 140 juta atau setara dengan RP. 1,274 triliun (Rp. 1.274.000.000.000,-) dengan kurs Rp 9.100 per dollarAS. Lukisan tersebut dibeli oleh seorang miliader David Martinez seorang banker asal Meksiko.
Jacson Pollock Pelikis dari New York AS tersebut membuat lukisan tersebut pada tahun 1948 dengan gaya lukisan khasnya, yaitu melukis dengan tetesan cat (drip style). Lukisan termahal di dunia tersebut dilukis pada bidang papan fiber dengan ukuran 4 x 8 kaki.

Sumber: ensiklopenida, dalam Majalah Annida, No.5/XVI/15 (Januari, 2007)

One thought on “LUKISAN TERMAHAL DI DUNIA

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s