Lifelong Learning in The Electronic Age (Belajar Sepanjang Hayat di Era Elektronik)

Lifelong Learning in The Electronic Age
(Belajar Sepanjang Hayat di Era Elektronik)

Oleh: Hadi Purwanto, Halimi, Hj. Noorhilmah, Nurul Hikmah

Preamble (Mukaddimah)

Pada mukaddimah atau pembukaan pada bab ini menceritakan bahwa Christina Preston menghabiskan akhir pekan Paskah 1999 dengan teman-teman nya di Ceko. Di mana di sini di larang merayakan Paskah dan menyanyikan lagu keagamaan di jalan. Berdasarkan pengalaman dari Christina Preston di Ceko akan ada beberapa hal yang menjadi pembahasan selanjutnya.
Akankah Guru Menjadi Agen Revolusi?
Pada pembahasan ini di bahas bahwa sejak dulu pendidikan dituntut untuk menjadi agen perubahan yang umum di seluruh dunia , hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat dan pemerintah percaya bahwa pendidikan dapat membuat perbedaan budaya suatu bangsa . Budaya dapat didefinisikan sebagai tahap tertentu dalam perkembangan intelektual dari sebuah peradaban atau masyarakat .
Ada nya tuntutan terhadap pendidikan, maka guru pun secara tidak langsung tertuntut juga untuk menjadi agen dalam perubahan tersebut. Namun ketika perubahan itu tidak terjadi guru lah yang menjadi sasaran utama penyebab kegagalan tersebut. Namun Fullan berpendapat bahwa kegagalan reformasi dalam pendidikan tidak lah sepenuhnya kesalahan dari seorang guru karena menurutnya perubahan yang efektif hanya akan terjadi melalui pengembangan bersama dalam lingkungan sosial.
Dalam pembahasan ini dapat kita analisa bahwa, pendidikan merupakan agen penting dalam revolusi suatu bangsa, oleh karena itu kerja sama antara pemerkasa pendidikan, guru, orang tua dan lembaga lain serta masyarakat perlu saling bekerja sama. Guru juga harus melakukan perubahan baik dari cara mengajar maupun keterampilan agar mampu bertahan dan bersaing di era globalisasi.

What is the future of lifelong education?
Pada pembahasan ini dibahas bahwa Beare dan Slaughter (1994 ) sangat antusias tentang peran teknologi dalam kehidupan. Ia percaya bahwa hubungan yang bagus dibentuk antara orang , budaya dan teknologi. Ketiga nya saling keterkaitan. Hal ini di karenakan Jaringan elektronik cenderung menjadi fasilitator utama proses belajar dan mengajar di era modernisasi . ini merupakan contoh keterkaitan atau hubungan antara elektronik dengan orang atau manusia. Selain itu jaringan elektronik memiliki efek mendalam pada gaya hidup orang-orang yang menggunakannya, baik di rumah , di perusahaan-perusahaan dan universitas. Ini merupakan contoh keterkaitan antara elektronik, orang dan budaya.
Pada pembahasan ini dapat kita analisa bahwa dalam dunia pendidikan di era modernisasi ini seorang guru yg dituntut sebagai agen perubahan pada pembahasan sebelumnya tidak boleh gaptek (gagap teknologi). Seorang guru harus mengerti, memahami dan dapat menggunakan elektronik sebagai media dalam menunjang proses belajar dan mengajar di sekolah. Karena elektronik cukup memiliki dampak yang besar bagi kehidupan.
New Pedagogies
Pada pembahasan ini dibahas bahwa perkembambangan teknologi yang pesat mengharuskan bagi sekolah agar dapat memberdayakan sumber daya yang tersedia – manusia dan teknologi – yang cocok serta nyaman dengan gaya belajar dan latar belakang budaya yang berbeda dari setiap lembaga pembelajaran.

(Bahan Bacaan)
Lifelong Learning In The Electronic Age

Aku menghabiskan akhir pekan Paskah 1999 dengan teman-teman saya Ceko . Dalam lima puluhan , ini Beberapa universitas yang pembangkang selama pendudukan Rusia setelah tinggal melalui Perang Dunia Kedua dan pekerjaan sebelumnya oleh Austria dan Jerman . Mereka telah tinggal di sembilan negara yang berbeda , meskipun mereka memiliki tidak pernah meninggalkan Praha . Semacam ini ketidakstabilan politik dan perubahan adalah wilayah yang tidak dikenal bagi kita Inggris . Saya belajar banyak dari perspektif mereka , terutama mengenai hal-hal yang saya telah sepenuhnya diambil untuk diberikan.

Lelah kehidupan perkotaan modern di London dan Praha , kami melaju dalam mengejar tradisi keagamaan dan pagan tradisional masih dipraktekkan di remote Moravia Desa yang kami telah menemukan di internet . Kita tampaknya menjadi yang pertama di safari dan impian kita idyll pedesaan direalisasikan . Seorang wanita 82 tahun datang ke melihat naik ke gereja pada sepedanya dalam kostum tradisional penuh : warna-warni singkat
rok atas rok bersih penuh , korset renda dan jilbab sutra putih : melawan menggigit angin wol cape bordir .

Wanita tua di rok pendek cerah mengundang kami untuk melihat bunga-bunga yang mereka telah dijatuhkan terhadap kaki Lady dan mengagumi gereja bersih dan rapi bahwa mereka terus menghormatinya . Jemaat Katolik dilingkari dalam asap dupa berlutut hormat sebelum imam merah berpakaian dan laki-laki muda
asisten yang memiliki ekor kuda : kontes multi-indera warna , ritual dan lagu hidup yang dapat secara fisik keras dan visual menjemukan . Dalam kesederhanaan masyarakat kecil gereja Ceko Saudara-saudara, jemaat duduk dalam lingkaran di sekitar altar . Tanggal pada kulit terikat buku-buku doa ditata untuk kita oleh salah satu keluarga yang 1908 , 1903 dan 1873. print kadang kala aus tetapi halaman selalu sama . sejak layanan tradisional sudah berlangsung begitu lama kita bayangkan mereka tahu dengan jantung. Ketika teman kita adalah 12 ayahnya telah disarankan untuk tidak pergi ke gereja lagi jika ia ingin tetap guru . Ini adalah pertama kalinya ia telah kembali .

Kami melihat hanya dua orang di bawah 30 di sidang dan sebagian besar lebih dari 50 . Jemaat telah berkurang sejak Tembok turun . Selama pendudukan pergi ke gereja adalah protes terhadap rezim dan melestarikan tradisi keagamaan , lagu dan kebiasaan merupakan hal terpenting ketika Ceko tidak diizinkan untuk merayakan di jalan-jalan . Sekarang , mengatakan teman-teman kita , uang adalah pertimbangan pertama dalam ekonomi yang pincang pada aturan baru pasar kapitalis . Tidak ada waktu untuk menikmati dalam istirahat keluarga panjang dan menyanyikan lagu-lagu protes hingga larut malam . ” Kami berada diperlombaan tikus sekarang . ”

Kami diundang untuk dukungan dalam 1/16 gudang anggur abad dengan diperpanjang keluarga yang melestarikan tradisi ini , courtesy of UNESCO . Anggur yang terbuat darikebun anggur keluarga sedang memotong dengan harga botol supermarket . paling yang melanjutkan tradisi melakukannya sebagai sebuah bisnis . Pemilik , yang juga troubleshooting suatu konsultan untuk beberapa perusahaan komputer besar , meminta kami untuk menempatkan kami foto-foto di internet baginya untuk men-download . Di perbatasan Slowakia , kami menemukan walikota desa di pub . dia merekomendasikan layanan akomodasi di desa yang harganya sekitar empat dolar . meskipun induk semang itu harus mendistribusikan beberapa anak-anak kecil untuk mengakomodasi kami , kami diberi ruang bersih dengan keadaan seni mandi dan radio . mereka melakukan tidak melayani makan resmi , tapi untuk dua dolar mereka berdesir babi , sauerkraut dan pangsit dan memohon beberapa salad dari tetangga . Karena itu Paskah mereka tidak bertanggung jawab kita untuk indah buatan rumah kue yang akan menelan biaya sekitar enam dolar masing-masing di London.

Kepala sekolah setempat tiba dengan Yamaha untuk mengiringi tarian . tiket adalah 20 sen . Untuk menghormati kami, dia menyanyikan ‘ Greensleeves ‘ dalam bahasa Inggris dan bermain melodi dari The Beatles , Elvis , beberapa lagu rock tahun enam puluhan , polkas tradisional , twist dan punk rock . Pada akhir 50-an , ia digunakan untuk memiliki sebuah band tapi karena mengubah orang tidak akan bermain untuk begitu sedikit uang sehingga ia didampingi organ listrik yang ia diprogram menggunakan komputer . Dia juga telah digunakan paket perangkat lunak untuk belajar bahasa Inggris di mana ia berbincang creditably dengan jelas Oxford aksen . Dia juga berbicara baik Slovakia , Rusia dan Jerman . Alas kaki para penari berkisar dari mountaineering sepatu ke sandal . dari 606 , mereka membuat menusuk baik langkah-langkah yang rumit hingga tak satu pun dari kita banyak peduli apakah kita sedang menuju ke arah yang benar atau tidak .

Saya minum terlalu banyak salah satu anggur keluarga Moravia . Biasanya saya minum satu segelas anggur dan mendapatkan sakit kepala aditif . Anggur ini sangat murni yang bahkan setelah setengah liter , saya cerah dan segar di pagi hari pukul tujuh ketika kami pergi mencari pemuda . Secara tradisional mereka berburu secara berkelompok pada Senin Paskah pagi , membawa tenun tongkat willow untuk mencambuk wanita favorit mereka . mereka cambuk menyakiti saya menemukan , tapi kue biji poppy dan slipovic dan merdu bernyanyi adalahobat yang baik .
Beberapa rumah menerima hampir seratus anak-anak kecil yang meminta telur, untuk menenangkan mereka pada hari Senin pagi . Kami melihat mereka berjuang rumah pada tengah hari dengan kantong plastik menggembung dengan barang jarahan . Ibu yang mungkin mempelajari resep telur . hanya laki-laki yang lebih tua masih menyanyikan lagu-lagu lama cinta dan memakai kostum , tapi Tradisi bertahan berseri kalangan muda , karena keuntungan yang jelas untukpeserta . Saya seharusnya lebih baik disarankan dan mencari daerah tempat wanita mengalahkan pria !
Di rumah anak muda teman kita gugup dan pucat belajar untuk ujian terakhirnya menjadi dokter . Dia adalah berpendidikan , menyenangkan , sensitif dan imajinatif muda pria , seorang vegetarian yang berbicara beberapa bahasa dan mengambil foto seperti seorang profesional . Dengan siswa lain ia berdiri di tank dan menghabiskan tiga hari’ berbicara keluar ‘ tentara Rusia menduduki Wenceslas Square pada tahun 1987. Dia merasa kasihan pada mereka . Banyak dari mereka petani buta huruf , mereka tidak tahu negara mana mereka berada di atau mengapa mereka ada di sana .

Pemuda ini takut . Meskipun serangkaian nilai A , dia bisa gagal ini ujian . Profesornya dapat meminta apa saja yang mereka suka dari enam tahun lalu bekerja .Kemarin guru medis mengatakan kepada kelas mereka semua bodoh . Mengapa bisa mereka tidak ingat apa yang mereka lakukan enam tahun yang lalu ? Aku bertanya apakah ada yang diuji nya kasih sayang atau kemampuannya untuk berhubungan dengan orang-orang dalam enam tahun terakhir . Anda tahu menjawab . Dia mengutip salah satu tercerahkan dokter Perancis yang mengatakan bahwa belajar kedokteran seperti menempatkan ke laut tanpa air terlihat . Rekannya yang lulus tahun lalu menghasilkan empat dolar per bulan selama berjam-jam di rumah sakit setempat . Dia beruntung memiliki pekerjaan . Dia belum memiliki satu untuk pergi ke . Mereka berencana untuk pindah ke Amerika . Begitu banyak untuk belajar, begitu banyak untuk beradaptasi dengan , begitu banyak untuk berkomunikasi untuk bertahan hidup di milenium ketiga . Bagaimana profesi guru global akan mengatasi perubahan yang terjadi di dunia dengan mereka , atau tanpa mereka ?

Guru akan memimpin revolusi ?
Salah satu interpretasi ‘ melek ‘ adalah mampu berkomunikasi dalam media budaya Anda ( Wagner 1995) . Budaya dapat didefinisikan sebagai tahap tertentu dalam perkembangan intelektual dari sebuah peradaban atau masyarakat . Literasi , oleh karena itu, terpisahkan dengan tujuan dan cita-cita masyarakat yang mendefinisikan konsep . Tekanan pada pendidikan untuk menjadi agen perubahan yang umum di seluruh dunia , karena sebagian besar masyarakat dan pemerintah percaya bahwa pendidikan dapat membuat perbedaan dengan budaya kohesif suatu bangsa . Tapi ketika mereka serius dievaluasi , banyak upaya besar di inovasi melalui pendidikan sejak tahun enam puluhan telah gagal untuk mengambil akar . Guru dituduh menolak reformasi . Fullan dan Stiegelbauer ( 1991) menunjukkan masalahnya bukan penolakan , tetapi kenyataan bahwa guru wajah kapur belum dibimbing dalam manajemen perubahan .

Kebijaksanaan kini mengumpulkan antara para pembuat kebijakan dan industrialis seluruh dunia tentang kompleksitas aneka melepaskan dalam perubahan Proses . Misalnya , jelas bahwa perjanjian tersebut , pengertian dan kerjasama mitra sosial harus dicari : pemerintah , industri dan pendidikan serta sebagai acuan untuk gereja atau kelompok berpengaruh lainnya . Tapi sampai sekarang , meskipun kebijaksanaan internasional yang cukup besar , guru yangditetapkan sebagai pelaku utama reformasi sosial , bukannya mitra dalam sosial gerakan . Guru tersebut kemudian terperangkap dalam tembak-menembak , karena masyarakat yang mendukung mereka bertentangan tentang nilai-nilai dan tujuan . Ironisnya adalah bahwa dalam meminta guru untuk memimpin revolusi dalam proses belajar mengajar , masyarakat meminta mereka untuk memimpin runtuhnya peran profesional tradisional . Globalisasi dan internasionalisasi pendidikan menantang tradisi guru otoriter distributor pengetahuan , ruang kelas berakar pada lokasi dan diatur oleh waktu dan istilah tetap untuk belajar berakhir dengan jatuh tempo . Terburuk dari semua , keterampilan yang dibutuhkan untuk hidup di masa depan tampaknya tidak tergantung pada apa yang telah dilakukan di masa lalu. Futurolog kini menuntut lompatan imajinatif ke yang tidak diketahui . Meskipun analisis tentang kegagalan reformasi pendidikan pada kuartal terakhir abad kedua puluh dan peluang terus menyia-nyiakan usaha, Fullan berpikir bahwa pendidikan tidak pernah dalam posisi yang lebih baik untuk membuat perbedaan .Tapi dia yakin bahwa perubahan yang efektif hanya akan terjadi melalui pengembangan makna bersama dalam lingkungan sosial penuh . ” Sistem tidak berubah dengan sendirinya . Orang berubah sistem dengan tindakan mereka . Ini adalah waktu untuk mengubah cara kita mengubah ‘ . ( Fullan dan Stiegelbauer 1991: 352 ) . Guru perlu membuat perubahan untuk bertahan hidup . Terserah profesi untuk menemukan strategi .

Apa masa depan pendidikan seumur hidup ?

Beare dan Slaughter (1994 ) sangat antusias tentang peran teknologi baru percaya bahwa ketika hubungan yang benar dibentuk antara orang , budaya dan teknologi dunia baru pilihan muncul . Mereka setuju bahwa baru yang kuat teknologi tidak intrinsik mengancam . Jika mereka terkait dengan , dan diarahkan oleh tingkat tinggi komitmen etika , mereka bisa dikerahkan dalam kehidupan meneguhkan
cara . Jaringan elektronik cenderung menjadi fasilitator utama pembelajaran dan mengajar di mode baru . Sudah jaringan elektronik memiliki efek mendalam pada gaya hidup orang-orang yang menggunakannya di rumah , di perusahaan-perusahaan dan universitas : kesempatan untuk berkontribusi pada budaya desa global bersama keragaman budaya didirikan telah didirikan , gagasan precipitately membingungkan budaya dan identitas nasional . Dalam semangat pasca modernisme , orang dapat berlangganan untuk lebih dari satu budaya tanpa mengorbankan identitas mereka atau integritas, selama karena mereka dapat menangani jumlah informasi , ruang lingkup untuk pilihan dan bertentangan loyalitas . Sikap ini sangat mengancam bagi mereka yang berlanggananmonokultur dan banyak yang telah terisolasi saat kekuasaan di tangan mereka sendiri .

Sebagai contoh , negara-negara bangsa di Eropa tidak ada pada abad pertengahan danKonsep kewarganegaraan berasal dari revolusi Perancis hanya 200 tahun yang lalu . Mengintensifkan regionalisme dan pengembangan struktur supra – nasional menyarankan bahwa negara bangsa mungkin tahap sementara dalam evolusi masyarakat manusia .Dampak teknologi canggih pada pengajaran dan pembelajaran telah bergegas
perubahan . Media elektronik komunikasi adalah kendaraan untuk kuat pesan dan berwibawa , debat publik . Oleh karena itu , untuk membuat komputer yang katalis untuk perubahan dalam proyek pendidikan masuk akal . Ada bahaya masukan seimbang , namun, jika tim pendidikan terdiri dari teknis terlatih pendidik . Dalam konteks ini terlalu banyak yang diharapkan dari kehadiran hanya perangkat keras dan perangkat lunak tanpa pemahaman penuh atau komitmen terhadap proses manusia terlibat dalam penciptaan set pikiran baru dan paradigma baru . Umumnya middleaged , banyak calon inovator dalam perangkat lunak pendidikan tidak memiliki keterampilan ,
pengetahuan atau bakat yang tepat untuk menentukan produk pendidikan kelas dunia : konvergen dan linear pemikir tidak bisa membayangkan apa yang membutuhkan masa.

Pendidik dengan latar belakang perangkat lunak pendidikan biasanya melawan Keterlibatan komersial dengan alasan bahwa perusahaan tidak akan menghormati kebutuhan khusus pendidikan . Karena kurangnya pengalaman jenis produk jaringan yang sedang dirancang untuk perusahaan multinasional , pendidik yang terlibat dalam pendidikan spesifikasi dapat menyimpan hingga proses daripada memfasilitasinya . Dalam kemitraan dengan pemerintah mereka cenderung untuk mengawasi produk dan proyek-proyek yang memiliki aplikasi yang terbatas dan melayani pendidikan buruk . Sebagai contoh investasi pada tingkat terlalu rendah , Dewan Nasional Inggris untuk Pendidikan Teknologi mendirikan sebuah proyek penelitian £ 4.000.000 untuk mengikuti uji coba Pendidikan AS terintegrasi belajar software selama tiga tahun . ini relatif sumber daya besar yang diinvestasikan dalam dirancang dengan buruk , software budaya yang tidak pantas berdasarkan model pembelajaran tradisional dan ketinggalan zaman , terutama bor dan praktek . Perangkat lunak ini sudah berusia empat tahun saat penelitian dimulai dan tetap tidak berubah sepanjang masa . Pada saat laporan itu keluar CD ROM yang berusia delapan tahun . Tidak ada cara di mana evaluasi bisa menjadi formatif karena perusahaan tidak berniat menyelesaikan ‘ selesai ‘ produk . Sebagai perangkat lunak itu tidak standar industri , dapat ditransfer dan peluang untuk penyebaran global terjawab , meskipun ada lebih dari satu produk pelatihan multinasional di pasar yang akan memiliki investasi layak . Pasar sekolah kecil dan terfragmentasi . Kualitas tidak dapat dipertahankan pada tingkat ini .

New Pedagogies
pedagogi baru
‘ Pekerja Pengetahuan ‘ masa depan akan mampu menangani volume belum pernah terjadi sebelumnya data multimedia saat menghadapi pilihan yang luas dan menyeimbangkan bertentangan loyalitas . Juri masih keluar pada berapa banyak membaca dan menulis kompetensi akan diperlukan oleh ini selebaran tinggi yang akan permintaan di seluruh dunia , tetapi Perkembangan eksponensial dalam penyimpanan komputer dan kekuasaan penyiaran menyarankan bahwa ketergantungan pada remote tatap muka dan kontak ikon akan meningkat . Dalam Pikiran terpelajar , Gardner menegaskan bahwa pedagogi harus berkembang untuk merangkul pengetahuan baru tentang berpikir dan merefleksikan ‘ beberapa anak-anak kecerdasan bunga itu sepanjang hidup : spasial , visual, lisan , tekstual . ini kecerdasan mewarnai pendekatan individual setiap anak harus belajar . hanya bagian sempit otak dikembangkan dan diuji dalam pendidikan konvensional , dansekolah , karena mereka saat ini terorganisir , tidak dapat memberikan berbagai pembelajaran gaya yang membutuhkan kelas .

Teknologi harus memungkinkan bagi sekolah untuk sengaja mengumpulkan dan membuat sumber daya yang tersedia – manusia dan teknologi – yang cocok nyaman dengan gaya belajar yang berbeda dan latar belakang budaya yang ada di badan pembelajaran . berbeda entry point akan menarik satu anak lebih dari yang lain dan menyebabkan berbagai jenis kebingungan tentang konsep-konsep yang diajarkan . Gardner menyarankan pendekatan seperti magang tradisional dan penggunaan teknik museum anak-anak . Dia menyebut untuk revitalisasi pengajaran dan Proses pembelajaran di mana ada penelitian yang lebih gaya belajar dan lebih berbeda mencoba untuk sumber daya entry point yang berbeda dengan kurikulum yang diamanatkan . sekolah
bisa mengerahkan upaya untuk mencocokkan belajar mengajar gaya ( Gardner 1993) , sementara Heppell mengamati bahwa beberapa anak lebih baik sumber daya yang di lingkungan rumah daripada mereka di sekolah , yang bisa membuat keretakan dalam persepsi sekolah sebagai lingkungan belajar ( Heppell 1995 ) . Serangan terhadap iklim pendidikan saat ini dilanjutkan di Belajar melaluiTelematika , yang melaporkan :

Memprediksi masa depan teknologi mudah . Memprediksi cara di mana teknologi akan diambil dalam pendidikan sangat sulit . Ada panjang sejarah hiperbola tentang teknologi pendidikan , yang ditandai dengan berulang prediksi revolusi dekat dalam metode . Namun ada resistensi yang kuat untuk mengubah dan inovasi dalam sistem secara keseluruhan . Pendidikan merupakan sosial dan sistem politik dan pengalaman mengajarkan kepada kita bahwa sistem tersebut tidak mudah diubah oleh perkembangan teknologi .( Mayes 1994: 14 )

Belum lagi laporan menempatkan guru di pusat proses : Iklim perubahan di mana inovasi dalam metode pengajaran dihargai dan dihargai , adalah prasyarat untuk penyerapan luas teknologi pendidikan . meskipun laporan mengakui kebutuhan untuk menyebarkan pendidikan yang lebih luas , meningkatkan kualitas dan relevansi untuk industri dan mendukung kebutuhan untuk membuat mengajar lebih hemat biaya , sangat kritis terhadap kebijakan pemerintah yang mengurangi peluang tatap muka untuk mengajar sampai ke level rendah murid yang bisa dimaafkan percaya bahwa mereka tidak diajarkan sama sekali . teknologi harus digunakan untuk memperkaya pengalaman mengajar bukan untuk menggantikan guru ( Mayes , Coventry , Thompson dan Mason 1994 ; Preston 1997) . Beberapa guru memusuhi teknologi baru karena mereka takut pengganti . Hambatan lain yang sama-sama kompleks . Tidak hanya guru harus bersaing dengan anak-anak yang memiliki sumber daya yang lebih baik elektronik di rumah daripada yang mereka miliki di sekolah , tapi usia adalah faktor lain yang bekerja melawan pemahaman intuitif guru dari teknologi elektronik . Studi chris Abbott telah menunjukkan bahwa anak-anak SD jauh lebih baik memprediksi akhir kartun daripada orang lebih dua puluh sembilan ( Abbott 1990) . Namun, usia tidak selalu faktor . Sebuah studi menunjukkan kecil baru-baru ini bahwa guru inovatif dalam TIK yang rata-rata sekitar 45 tahun manajer tua dan senior. Bahkan , Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan untuk guru menyajikan lebih banyak masalah daripada mata pelajaran mapan lainnya . beberapa guru memiliki kualifikasi tingkat sarjana ( Preston Cox & Cox 2000) . itu perubahan teknologi yang cepat dan masalah yang terkait dengan hal ini telah membuat subjektampak technocentric . Sekolah Inggris telah memisahkan sistem administrasidari sistem kurikulum yang berarti guru harus belajar dua komputersistem . Tidak ada panutan senior yang cukup menggunakan IT . Pada 25 sekolah , yang dipilih oleh industri dan pemerintah setempat karena mereka menunjukkan menarik Praktek di IT , 22 kepala memiliki komputer mobile atau komputer di meja ( Harris dan Preston 1993) .

Di Inggris pendatang guru matang membawa keterampilan ICT dalam profesi ( Mellar dan Jackson 1992) . Namun dalam survei kecil yang dilakukan oleh MirandaNet ( Preston 1998) akan terlihat bahwa guru memiliki pelatihan ICT kurang dari dua hari di awal mereka tahun pelatihan . Mereka benar-benar tergantung pada kualitas penyediaan ICT di sekolah di mana mereka melakukan praktek mereka untuk pengetahuan dan pengalaman . Selanjutnya , mereka bergantung pada penyediaan in-service . Pendapat dari sampel kecil dari guru yang adalah inovator ICT mengungkapkan bagaimana in-service training tersedia terutama dalam mata pelajaranseperti pedagogi dan perencanaan . Meskipun sebagian besar pemerintah nasional melihat mereka investasi dalam TIK dalam pendidikan sebagai katalisator perubahan dalam proses belajar mengajar , kurang dari setengah guru berpikir bahwa program ICT yang mereka telah menghadiri membahas isu sentral ini gaya mengajar . Ini akan menunjukkan bahwa beberapa program tidak dapat membantu guru untuk mengadopsi metode-metode pengajaran baru yang mungkin diperlukan untuk mengakomodasi TIK secara efektif .

Menurut survei kecil ini guru ini terutama otodidak . hanya satu persen punya kualifikasi ICT resmi Sebagian besar guru yang kompeten yang melatih orang lain , meskipun mereka telah ke beberapa kursus sendiri , dan setengah mengatakan mereka tidak merasa baik informasi tentang Grid Nasional untuk Belajar ( NGfL ) . Meskipun banyak guru merasa bahwa mereka telah mendapat manfaat dari pelatihan mereka telah menerima , mereka ingin menerima lebih banyak pelatihan dan juga merasa bahwa mereka perlu sumber daya yang lebih baik dan dukungan teknis yang lebih dan waktu untuk menggunakan ICT ( Preston Cox & Cox 2000) . Pelatihan sering difokuskan pada keterampilan daripada filosofi, psikologi belajar , dan kebijakan masalah . Pachler sangat penting dari yang berlaku kecenderungan untuk melihat nilai teknologi baru dalam hal model pengiriman
mengabadikan pemandangan murid sebagai kapal kosong daripada mengejar kesempatan yang ditawarkan untuk inovasi pedagogis . Pachler mengutip Perdana DfEE Pelatihan Guru Kurikulum Nasional yang dimaksudkan untuk mengajarkan para guru tentang ‘ ketika , jika tidak , dan bagaimana menggunakan ICT secara efektif dalam mengajar mata pelajaran tertentu ‘ ( DfEE 1998: 17 ) . Dia menunjukkan bahaya kurangnya teori pedagogis ditawarkan dalam dokumen ini ( Pachler 1999) . Bahasa dokumen ini didaktik yang menentang model pembelajaran konstruktif pemerintah ingin memperkenalkan . Internet telah ditempelkan ke akhir sebagai modul tambahan untuk studiyang membuatnya terlihat seperti studi ekstra daripada perubahan paradigma dalam mengmengajar dan belajar .

Kesimpulan : guru belajar bagaimana belajar
Gunther Kress percaya bahwa tujuan dasar pendidikan akan tetap : untuk memungkinkan bagi manusia sebagai makhluk sosial , hidup produktif , penuh dan bermanfaat hidup . Tetapi tidak ada jalan keluar bagi mereka yang ingin beristirahat di masa lalu . masing-masing sektorpendidikan dan masing-masing lembaga belajar harus merancang solusi kurikuler yang memperhitungkan campuran budaya lokal dan masa depan ekonomi mungkin . Kress juga menunjukkan bahwa agar dapat berfungsi dengan warga dunia akan perlu mengembangkan lima disposisi dasar . Pertama akan sensitivitas multikultural mengobati keragaman sebagai norma produktif . Kedua , kemampuan untuk melihat perubahan dinamis sebagai stimulus nyaman untuk inovasi dan transformasi . Ketiga , pengetahuan akan digunakan dalam layanan solusi baru, bukan dalam kinerja mapan praktek . Keempat , memahami potensi mode yang berbeda dan media komunikasi akan signifikan dalam penekanan lebih besar pada pemahaman target audiens dan penting bagi kehidupan sosial yang produktif . paling penting Kress menimbulkan pertanyaan etika dan tanggung jawab setiap warga negara untuk mengartikulasikan dalam melestarikan apa yang terbaik bagi masyarakat plural ( Kress 1998) .

Pergeseran dari media massa untuk media interaktif telah meningkatkan kekuatan masing-masingindividu atas informasi dilembagakan apakah sumbernya adalah gereja , negara bangsa , BBC atau Oracle . Mendidik orang untuk mengatasi belajar sepanjang hayat di era elektronik mungkin tantangan peradaban terbesar yang pernah dihadapi .

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s