Sekolah Belum Berakhir

Sekolah Belum Berakhir
Oleh: Hadi Purwanto
Warga Anjir Pasar Km. 18
Batola

Gegap gempita kemeriahan selalu mewarnai prosesi perpisahan di seluruh sekolah setiap tahunnya. Kemeriahan ini tidak hanya terjadi di sekolah setingkat SMA namun sudah merambah ke sekolah-sekolah setingkat SMP maupun SD. Kemeriahan berlangsung tidak hanya di lingkungan sekolah, bahkan beberapa sekolah melaksanakan kegiatan perpisahan di gedung-gedung maupun hotel-hotel mewah.

Dari kemeriahan inipun memerluakan dana yang tak sedikit, sehingga para orang tua harus merogoh kocek dalam-dalam demi acara tersebut. Bagi orang tua yang mempunyai ekonomi menengah ke atas hal tersebut dianggap biasa saja karena merayakan kelulusan. Tetapi tidak sedikit para orang tua dari kalangan menengah ke bawah yang mengurut dada karena harus memenuhi biaya perpisahan anaknya.

Melihat hal tersebut sepertinya perpisahan menjadai tradisi kemeriahan yang harus dilaksanakan karena berakhirnya masa sekolah. Padahal masa sekolah belum berakhir sepenuhnya, karena hanya berakhir di satu jenjang dan masih menunggu jenjang selanjutnya yang memerlukan dana yang tak sedikit.

Seharusnya pihak sekolah, siswa dan orang tua lebih bijak dalam mengadakan acara perpisahan. Acara boleh saja semeriah mungkin dilakasanakan namun menggunakan dana yang sedikit dan tidak memberatkan. sehingga dana yang dimiliki dapat digunakan untuk jenjang selanjutnya karena sekolah belum berakhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s