Remidial

Dalam proses belajar mengajar kita tentu mengenal dengan pengayaan dan Remidial. Gunanya adalah supaya proses transfer ilmu kepada anak didik sesuai dengan yang diharapkan.

Pengayaan berguna baik anak didik yang mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Gunanya adalah supaya anak didik mendapat ilmu sesuai kemampuannya.

Sedangkan remidial berguna bagi anak didik yang mempunyai kemampuan dibawah rata-rata. Sehingga nantinya anak tersebut tidak ketinggalan dan paham/ mengerti pelajaran seperti anak didik yang lain.

Namun dalam perjalanan proses remidial banyak sekolah yang melakukan remidial bukan untuk memberi kepahaman pelajaran anak tersebut supaya sama dengan temannya tetapi lebih ke arah nilai yang sama. Hal ini dapat diartikan bahwa banyak sekolah yang lebih mementingkan kuantitas dari pada kualitas.

Ini terlihat dari berbagai praktek remidial di sekolah. Anak-anak yang mempunyai nilai di bawah KKM saat ujian akan mendapat remidial berupa ujian ulangan atau mendapat tugas tambahan. Sehingga yang mendapat nilai di bawah KKM setlah ditambah nilai dari remidial akan mencapai KKM.

Melihat proses tersebut Para guru lebih mementingkan nilai ketimbang kemampuan anak.

Apabila ini berlangsung terus menerus maka pendidikan bukan meningkatkan kualitas namun meninggikan kualitas. nantinya akan banyak alumni2 sekolah maupun perguruan tinggi yang hanya memiliki iajazah tanpa kemampuan.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s