KERJA KERAS JOKOWI PATUT DITIRU

KERJA KERAS JOKOWI PATUT DITIRU

Oleh: Hadi Purwanto, S.Pd.I

Guru MIN Roham Raya, Batola

 

Jokowi adalah sosok walikota yang dicintai rakyatnya. Hal ini dapat kita lihat ketika Jokowi mencalonkan dirinya sebagai Gubernur DKI Jakarta sebagaian warga Solo berdemo menolak pencalonan Jokowi tersebut. Itu dikarenakan masyarakat Solo tidak mau kehilangan sosok Jokowi.

Apabila kita lihat dari sisi penampilan, sosok Jokowi terlihat sangat biasa. Bahkan dapat digolongkan seperti masyarakat kebanyakan tidak seperti kepala daerah di kabupaten maupun provinsi di daerah lain yang terlihat sangat berwibawa.

Namun dibalik sosok penampinan Jokowi yang biasa-biasa saja itu terdapat sifat kerja keras yang sangat luar biasa. Ini dapat dirasakan oleh masyarakat solo pada keberhasilan penataan PKL di Kota Solo yang sekarang menjadi rujukan berbagai kota di Indonesia.

Ternyata kesuksesan penataan PKL yang Jokowi lakukan tidak semudah yang kita banyangkan. Untuk dapat menata PKL di Kota Solo, sehingga para PKL mau menempati tempat yang telah disediakan Jokowi memerlukan waktu selama tujuh bulan. Selama itu pula Jokowi selalu bersosialisasi kepada para PKL dengan cara makan bersama di kediaman rumah dinas Walikota selama kurang lebih 54 kali.

Pada sosialisasi pertama sampai ke 30-an para PKL masih menolak dengan penataan tersebut. Sampai pada sosialisasi ke 30 sampai ke 50-an para PKL sudah mudah diajak urung rembuk tentang penataan  dan akhirnya dengan kerja kerasnya Jokowi berhasil.

Kerja keras inilah yang patut ditiru oleh para kepala daerah di banua kita agar dapat mengikuti jejak Jokowi dalam urusan penataan PKL.  Sehingga nantinya kota-kota di banua kita tertata dengan rapi sebagaimana yang kita harapkan.

diterbitkan oleh Banjarmasin Post “Mereka Bicara” pada hari Senin 8 Okt 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s