BUKU PALING TEBAL DI DUNIA

BUKU PALING TEBAL DI DUNIA

Apa buku paling tebal di dunia? Mungkin selama ini yang Anda kenal adalah buku pintar semacam Encyclopedia Britannica. Tapi rekornya telah terpecahkan dengan diterbitkannya buku Wikipedia setebal 5 ribu halaman! Ketebalan buku Wikipedia ini setinggi lutut orang dewasa, atau sama dengan 952 volumeEncyclopedia Britannica.
Kebanyakan dari kita biasanya malas membaca buku yang tebalnya lebih dari 100 halaman, apalagi kalau gak ada gambarnya, wuih.. malah bikin tambah males. Lantas bagaimana jika membaca buku setebal 5000 halaman?
Pembuatnya adalah seorang pemuda 22 tahun, Rob Matthews, mahasiswa jurusan desain. Tentu saja tidak semua artikel dari situs Wikipedia dimasukkan ke dalam buku ini. Dia hanya memilih sebanyak 437 featured artikel dari total 3 juta artikel yang di onlinekan di Wikipedia versi bahasa Inggris.
Namun tunggu dulu, ternyata Rob hanya mencetak 0.01% dari seluruh isi Wikipedia!!! Tujuannya agar orang yang ingin membaca Wikipedia secara offline dapat membeli buku ini. Jadi silahkan anda hitung sendiri berapa halaman yang diperlukan untuk membukukan seluruh artikel di Wikipedia!!
Gampang saja cara menghitungnya:
1 buku 5000 halaman setinggu 47.5 cm berisi 0.01%, jadi kalau seluruh isi Wikipedia membutuhkan 10.000 buah buku yang seperti itu! Busyeet..
Praktis saat ini Wikipedia bisa dibilang sebagai sumber ilmu pengetahuanterlengkap di dunia maya, dan memiliki versi dalam beragam bahasa termasukWikipedia versi bahasa Indonesia.

Sumber: http://www.pemustaka.com/buku-paling-tebal-di-dunia.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s