SUMMERHILL SCHOOL “Pendidikan Alternatif Yang Membebaskan”

SUMMERHILL SCHOOL

“Pendidikan Alternatif Yang Membebaskan”

Buku ini memberikan alternatif pendidikan bagi orangtua dan pendidik. Buku ini menggambarkan sebuah sekolah yang bernama Summerhill School. Summerhill school adalah sekolah yang didirikan oleh Alexander Sutherland Neill pada tahun 1921 di Jerman dan kemudian dipindah ke Suffolks, sekitar 160 km dari London. A.S Neill menerapkan prinsip swakelola dalam mengelola sekolah ini. Anak-anak diberikan kebebasan sepenuhnya untuk tumbuh dan berkembang sendiri. Prinsip egaliter, demokratis dan liberal sangat terasa disini.

Summerhill merupakan sekolah bebas dan berasrama untuk usia TK sampai SMA. Disekolahan ini para siswa dibebaskan untuk ikut mengikuti pelajaran ataupun tidak.

Prinsip demokrasi ini diterapkan dengan adanya Rapat Umum yang diadakan setiap malam Minggu, dengan dihadiri seluruh siswa Summerhill dan staf sekolah serta kepala sekolah (A.S Neill). Setiap peserta rapat memiliki hak suara yang sama. Hak suara staf sekolah, bahkan kepala sekolah pun memiliki bobot yang sama dengan hak suara murid umur tujuh tahun.

Sedangkan prinsip swakelola ini adalah staf sekolah dan siswa dibebaskan untuk belajar atau mangkir, dibebaskan untuk bermain selama mungkin yang mereka mau, bebas dari indoktrinasi agama, moral, politik dan pembentukan karakter. Bagi penganut konvensional, penanaman nilai moral & tata krama harus ditanamkan sejak kecil. Bahkan banyak yang menyebut Summerhill school adalah “Sekolah Sesukamu”, yang menyiratkan bahwa sekolah ini sekedar kumpulan anak primitif dan liar yang tak mengenal aturan & tata krama. Namun bagi Neill, anak memiliki sifat bawaan bijaksana dan realitas. Selama dibiarkan begitu saja tanpa arahan apa pun dari orang dewasa, anak akan berkembang dengan sendiri sejauh kemampuannya.

Mungkin akan banyak cibiran tentang pola pendidikan Neill ini. Namun, pada kenyataannya, Summerhill berhasil mencetak alumnus yang sukses dengan berbagai profesi. Dokter, musisi, dosen, pengusaha, insinyur dan berbagai profesi lainnya yang berpikiran terbuka & maju, jujur, tekun, optimis, dan yang terpenting adalah bahagia menjadi dirinya sendiri.

Judul buku: Summerhill School; Pendidikan Alternatif  yang Membebaskan

Penulis: AS. Neil

Penerjemah: Agung Prihantoro

Penerbit: Serambi Ilmu Semesta

Halaman: 356 halaman

Dibeli pada:

Tanggal           : 7 Nopember 2007

Toko Buku      :Book City Banjarbaru

Harga              : Rp. 47.150,-

One thought on “SUMMERHILL SCHOOL “Pendidikan Alternatif Yang Membebaskan”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s