JEPANG DAN PENDIDIKAN

JEPANG DAN PENDIDIKAN
Semua bangsa di dunia ini menganggap permasalahan pendidikan merupakan salah satu permasalahn yang pelik, namun semuanya merasakan bahwa pendidikan merupakan tugas suatu bangsa yang amat penting. Bangsa yang ingin maju, membangun, dan berusaha memperbaiki keadaan masyarakatnya tentu mengatakan bahwa pendidikan merupakan kunci dari semua itu, dan tanpa kunci tersebut usaha mereka akan gagal.
Hal itu terbukti ketika kita melihat kemajuan bangsa Jepang di bidang Ilmu pengetahuan dan tehnologi sehingga membawa Jepang menjadi salah satu bangsa yang disegani di dunia. Padahal kebangkitan bangsa Jepang hanya beberapa saat saja atau sekitar 63 tahun dari sekarang karena pada tahun 1945 Jepang mengalami kehancuran setelah kalah pada Perang Dunia ke 2.
Kemajuan bangsa Jepang dilatar belakangi karena semangat pendidikannya yang sangat tinggi. Menurut sejarah, Jepang telah mewajibkan anak berusia 6 tahun untuk sekolah sejak tahun 1871 yang merupakan undang-undang pendidikan pada masa Kaisar Mieji. Setelah hancurnya Jepang dari kekalahan Perang Dunia II dan tidak ada satupun kekayaan negara yang tersisa Kaisar Jepang saat itu hanya berkata “Berapa guru yang masih tersisa?” hal tersebut menunjukkan bahwa Jepang menempatkan posisi pendidikan diatas segalanya.

Sumber:
Aulia Fadli, Menjadi Pemenang Seperti Bangsa Jepang, (Yogyakarta: Pinus Book Publisher, 2007)
• Asri Budiningsih, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005)

5 thoughts on “JEPANG DAN PENDIDIKAN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s